Tips Cara Mudah Bongkar Mesin Motor Yang Terendam Banjir

Lanjutan dari Posting kemarin tentang Tips merawat motor saat musim hujan kali ini kejadianya apabila motor anda habis terendam banjir lalu motor anda mogok. Apabila disekitar anda ada bengkel mudah saja tingga bawa ke bengkel,namun bila tidak ada bengkel yang dekat? apa anda mau menuntun motor anda samapai ketemu dengan bengkel?hehe
 

Berikut saya jelaskan sedikit cara mudah membongkar mesin motor yang terendam banjir (sumber: DetikOto)

1. Buka mesin
Langkah pertama bongkar mesin motor yang terendam banjir adalah, bukalah bak oli, bak kopling, blok silinder berikut kepala silinder, dan jika motor Anda masih menggunakan karburator, buka juga karburator.
Sedangkan jika motor matik, pastikan komponen di bak CVT tak terendam air. Bersihkan semua bagian tersebut, dan komponen yang berbahan logam sebaiknya direndam dengan bensin.
2. Ganti oli mesin
Berikutnya cara bongkar mesin motor yang terendam banjir adalah Gantilah oli mesin motor. Hal itu untuk menghindari kemungkinan oli lama telah tercampur air sehingga  membuat komponen mesin aus.

3. Periksa sistem kelistrikan
Bagian lainnya yang wajib diperiksa dan dibersihkan adalah sistem kelistrikan. Bagian yang perlu dicermati antara lain sakelar, konektor kabel, spul, motor starter, dan fitting maupun kabel lampu. Bersihkan dan keringkan bagian-bagian itu. Bila perlu keringkan dengan compressor atau bila tidak memiliki kompresor bisa menggunakan pengering rambut atau menjemurnya.

4. Bersihkan dan keringkan kanvas rem
Terakhir cara bongkar mesin motor yang terendam banjir adalah bersihkan dan keringkan kanvas rem. Saat melibas genangan air, kanvas rem basah. Hal itu menjadikannya mengembang, sehingga rem mengunci.
Jika itu terjadi, bukan hanya laju motor menjadi seret, tetapi juga rem terkunci. Akibatnya bisa fatal.

 Sekian tips cara bongkar mesin motor yang terendam banjir semoga bermanfaat.
Tips Cara Mudah Bongkar Mesin Motor Yang Terendam Banjir Tips Cara Mudah Bongkar Mesin Motor Yang Terendam Banjir Reviewed by Unknown on 18.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.