NAVITEL, Aplikasi GPS Offline Untuk Android


NAVITEL, Aplikasi GPS Offline Untuk Android.  Assalamualaikum, kali ini saya akan ngebahas tentang salah satu aplikasi GPS untuk smartphone Android yaitu Navitel. GPS(Global Positioning System) merupakan salah satu sistem yang sering digunakan untuk mencari suatu lokasi. Sistem ini sangat berguna terutama bagi Anda yang suka NGEtrip. Berikut saya kasih review tentang aplikasi GPS yang bisa digunakan secara offline.

Apa itu Navitel ? Navitel adalah salah satu dari sekian banyak software navigasi (pemandu arah) yang ada di Android. Kelebihan/keunggulan Navitel adalah navitel menggunakan peta offline, sehingga ketika digunakan praktis kita tidak membutuhkan koneksi internet. kelebihan lain dari Navitel yakni tidak lain adalah karena navitel sudah bisa menggunakan peta milik navigasi.net. Perlu diketahui, bagi yang belum tau hehe navigasi.net adalah penyedia peta indonesia yang paling update. navigasi.net berbasis komunitas, hal inilah yang menyebabkan peta di navigasi.net selalu diperbaharui.
Pada dasarnya navitel bisa digunakan di semua jenis perangkat berbasis android yang memiliki fitur GPS. pada perangkat yang tidak ada GPSnya navitel masih bisa diintall tapi cuma bisa untuk liat peta doang, ngak bisa untuk memandu arah.

Tahap atau cara instalasi Navitel + peta dari navigas.net sebagai berikut :
1. Install dulu aplikasi navitel di perangkat android anda, bisa di download di PLAYSTORE atau cari di google. tapi aplikasinya jangan  dibuka dulu.
2. Download peta terbaru dari http://navigasi.net, perhatikan, jangan sampai salah pilih, pastika peta yang anda pilih adalah peta untuk aplikasi NAVITEL.
3. klik 2x file yg didownlod tadi untuk mengektrak isinya. ikuti tahapannya sampai selesai. biasanya hasil ekstrak ada di “c:\myMaps\navigasi\Navitel”
4. copy semua file yang ada di folder NAVITEL (biasanya file berekstensi “nm2” ke memory eksternal perangkat  android anda pada folder “NavitelConten\Maps”
5. Kembali ke perangkat android buka aplikasi, pilih bahasa, kemudian biarkan aplikasi mendata/mendeteksi peta yang baru anda copy.
6. Navitel siap digunakan.

Itulah cara menginstal aplikasi GPS offline Navitel di Android. Berikut ini penjelasan beberapa menu yang ada di aplikasi navitel :

1.Find, berfungsi menemukan tempat-tempat menarik (POI) biasanya diurutkan dari yang terdekat dihitung dari kordinat tempat anda berada atau titik kordinat yang anda tentukan.
2.Berisi map(peta), dashbord(halaman untuk melihat beberapa informasi seperti kecepatan kendaraan),Weather (informasi cuaca *membutuhkan koneksi internet), satelit (untuk memantau status koneksi satelit GPS)
3.Pada bagian setting anda bisa mengatur kembali beberapa hal seperti bahasa, regional, bahasa pemandu yang paling penting adalah pada bagian “navigation” . disitu ada bagian vehince atau jenis kendaraan, jika anda memilih car / motor cycle maka ketika anda bernavigasi navitel hanya memberikan opsi pada jalan-jalan utama yang mampu dilewati mobil (jalan besar) jalan yang sempit (gang) tidak akan dimasukkan didalam jalur meskipun jika melawati jalan tersebut rutenya bisa lebih pendek.
4.Bagian lain yang harus diatur adalah route setting, pada bagian route style anda bisa mengatur pola perhitungan jarak, apakah ingin jalan yang cepat (quick), atau jalur terpendek (short).

Sebagaimana yang saya tulis diatas, aplikasi ini sangat berguna ketika anda berpergian kesuatu tempat yang belum pernah anda kunjungi, karena peta yang digunaka navitel adalah peta offline maka aplikasi ini hampir bisa digunakan disemua wilayah meskipun tempat tersebut tidak ada koneksi internet. pengalaman saya ketika jalan-jalan seringkali karena saking banyaknya manusia maka jaringan internet GSM hampir tidak bisa diandalkan, sehingga aplikai peta online seperti google map, praktis tidak bisa berbicara.

Ketika menggunakan navitel, tidak akan ada cerita kita bingung muter-muter nyari POM bensin, bingung nyari pasar, bingung nyari objek wisata, karena semuanya lengkap, hampir semua tempat menarik sudah terdata, untuk tempat-tempat yang tidak lazim, seperti rumah teman, navitel mengijikan kita memberi tanda/menyimpan kordinat tersebut, sehingga ketika kita ingin kembali ketempat tersebut kita tidak perlu lagi mencari. Hebatnya navitel dapat menghitung estimasi jarak dari kordinat tempat kita berada ke tempat tujuan, bahkan tidak hanya jarak, waktu tempuhnya pun bisa dihitung (ditampilkan), dengan hanya mengkil GO TO kita dapat sampai ke lokasi yang kita inginkan, menurut saya ini benar-benar sebuah teknologi yang luar biasa, sangat bermanfaat berkat GPS dan apikasi seperti navitel serta petanya tidak ada lagi cerita jalan-jalan bawa kompas dan lembara-lembaran peta, bahkan kita tidak perlu repot bertanya pada pak polisi ataupun penjual toko kelontong ketika ingin menuju ke suatu tempat.

Untuk traveler yang menggunakan kendaraan bermotor roda 2, tentu akan kesulitan menggunakan navitel sebab tidak mungkin terus menerus harus melihat ke layar ponsel/tablet, solusinya di navite sudah ada fitur voice navigation (panduan dengan suara) cukup pasang handsfree semua beresss. tingkat errornya juga sangat kecil, intensitas suara pemandu dapat diatur di menu setting/navigation/gudance , disitu ada guidence prompt. untuk suara pemandu memang secara default bahasa inggris, tapi sekarang suda tersedia suara berbahasa indonesia yang bisa anda cari di google.

Satu-satunya kekurangan ketika menggunakan aplikasi navigasi adalah kita harus sedia batre. karena ketika bernavigasi dan GPS selalu dalam posisi ON, maka konsumsi batre pasti boros saran saya bawalah batre cadangan (jika anda menggunakan ponsel) atau ketika bernavigasi, pastikan perangkat anda dalam kondisi offline (pesawat terbang) ini bisa sedikit membatu menghemat batre.

Sekian pembahasan singkat mengenai aplikasi Navitel, aplikasi GPS offline untuk Android. Selamat bernavigasi
NAVITEL, Aplikasi GPS Offline Untuk Android NAVITEL, Aplikasi GPS Offline Untuk Android Reviewed by Unknown on 18.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.