Tips dan Trik Melewati Banjir Menggunakan Motor

Assalamualaikum.. lama nih tidak posting, apa kabar teman? semoga baik-baik saja ya. Sekarang kan sudah mulai masuk musim hujan nih, daerah kalian ada yang banjir atau tidak ?. Kalau banjir pasti menyebalkan banget ya, apalagi kalau kita lagi dalam perjalanan entah itu dari tempat kerja atau dari sekolah. Mau nunggu banjir surut untuk melintas? wah kayaknya lama. Mau menerjang banjir? takut kendaraan mogok. So, gimana dong solusinya ?? bingung. Nah bagi yang ingin memilih pilihan untuk menerjang banjir, ini saya sedikit berbagi tips dan triknya. cekidot !


Di saat musim banjir tidak sedikit para pengguna sepeda motor yang harus mendorong motornya karena mogok. Keterpaksaan karena tidak ada jalan alternative membuat pengendara mau tidak mau harus menerobos banjir. Resikonya, saat mesin kemasukan air harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk mendorong dan membongkar motor anda ke bengkel terdekat. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menerobos banjir, anda hanya memiliki dua pilihan. Cari jalan alternatif lainnya untuk sampai tujuan, atau mencoba berspekulasi menerobos banjir dengan harapan tanpa mengalami mogok.

Nah, untuk menghindari motor mogok karena banjir ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan ketika anda harus melewati banjir menggunakan motor.

1. Poin pertama yang harus anda perhatikan saat menerobos banjir menggunakan sepeda motor adalah memperhatikan kondisi jalan. Ini untuk menghindari seaindainya jalan yang tergenang terdapat lubang yang membuat ban motor anda slip atau tergelincir. Pastikan anda memilih jalan yang genangan airnya relatif dangkal. Anda bisa melakukannya dengan berjalan perlahan sambil melihat dan mengikuti pengendara lainnya yang berada di depan anda.

2. Selain harus menghindari lubang, cobalah untuk menghindari genangan air yang memiliki arus deras. Jika anda harus melewati genangan air yang memiliki arus cukup deras, cobalah untuk tetap menjaga keseimbangan agar terpengaruh karena goyangan dari arus air. Pengendara yang melewati jalan dari arus berlawanan biasanya akan menyebabkan air menjadi berarus, maka dari itu tetaplah berhati-hati.

3. Untuk menjaga tarikan motor tetap ringan, posisikan perseneling pada gigi satu. Jangan membuka gas anda dengan cara naik turun, tapi teruslah pacu gas dengan stabil. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke dalam mesin, baik melalui karburator ataupun knalpot.

4. Bagi pengguna motor matic, jangan melakukan pengereman secara mendadak. Tetap pacu gas dengan stabil dan gunakan rem depan dan belakang dengan perlahan. Ini untuk menjaga kinerja rem motor anda agar tetap berfungsi dengan baik.

5. Sebisa mungkin tetap hindari jalan yang banjir, karena bagaimanapun jalanan yang banjir sangat tidak bagus bagi motor Anda. Jika memang ada, carilah jalan alternatif lain. Atau gunakan jasa gerobak yang bisa mengantarkan Anda melewati banjir.

Nah sebagai info tambahan, tentunya kita harus tetap merawat motor kita agar tetap prima, hehe. di postingan sebelumnya saya juga sudah berbagi tips trik merawat  motor saat musim hujan. Baca di sini
Tips dan Trik Melewati Banjir Menggunakan Motor Tips dan Trik Melewati Banjir Menggunakan Motor Reviewed by Unknown on 07.28 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.